Senin, 26 Januari 2015

Pembuatan Email dan pemanfaatan Media Media Penyimpanan (Google Drive) secara Online (Cloud Server)

        Saat ini cloud computing sudah menjadi bagian kehidupan manusia. Secara definisi, cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan, di mana pengguna tidak perlu bersusah-susah memikirkan bagaimana menyediakan, mengelola software dan hardware tersebut. Google sebagai salah satu perusahaan besar di dunia internet menyadari bahwa cloud computing merupakan layanan yang banyak digunakan orang. Oleh karena itu Google mengembangkan beberapa layanannya dengan berbasis cloud, diantaranya Google Drive. Google Drive memfasilitasi penggunanya untuk membuat, menyimpan dan membagi dokumen dengan pengguna lainnya. Untuk layanan simpan, Google Drive memberikan layanan penyimpanan dengan kapasitas cukup besar, yaitu 5 GB dan bisa ditambah dengan berbayar.
  1. Fasilitas yang dimiliki oleh google drive antara lain:
    1.Fasilitas untuk membuat dokumen
    Google Drive memungkinkan penggunanya untuk membuat dokumen dengan pengolah kata, pengolah angka, media presentasi, form dan dokumen-dokumen lainnya.
    2. Berbagi (sharing) dokumen
    Dokumen yang sudah dibuat di Google Drive dapat di-share, sehingga memungkinkan banyak orang dapat menggunakan secara bersamaan, bekerja pada dokumen yang sama meski tidak berada pada satu tempat,. Pengguna bebas memilih kepada siapa saja dokumen tersebut akan di-share.
    3. Terintegrasi dengan layanan Google lainnya
    Para pengguna yang biasa menggunakan layanan lainnya dari Google akan merasakan kemudahan dengan menggunakan Google Drive. Bagi pengguna layanan email Gmail, pengguna tidak akan lagi menghadapi masalah dengan pembatasan kapasitas attachment. Jika file yang dilampirkan melebihi batasan kapasitas attachment, pengguna cukup mengirimkan link tempat menyimpan file di dalam email yang akan dikirim. Begitu juga apabila pengguna menginginkan foto/gambarnya terpasang di lingkaran Google+, pengguna tidak perlu bersusah payah mengunggah foto-fotonya di Google+, tapi cukup menyimpan di Google Drive dan secara otomatis foto akan tepasang di Google+.
    4. Fasilitas Pencarian
    Google Drive memberikan layanan pencarian yang lebih baik dan lebih cepat dengan kata kunci tertentu. Google Drive juga dapat mengenali gambar atau teks dari dokumen hasil scan.
    5. Kemampuan menampilkan berbagai tipe file
    Google Drive dapat membuka lebih dari 30 tipe file berbeda dengan browser, termasuk file video, file image, dan lain-lain tanpa mensyaratkan pengguna untuk menginstal software yang sesuai dengan tipe atau ekstensi file tersebut.
    6.  Kemampuan menjalankan aplikasi
    Google Drive juga mempunyai kemampuan untuk membuat, menjalankan dan membagi fileaplikasi favorit yang dimiliki oleh pengguna.
    CARA MENGOPERASIKAN GOOGLE DRIVE
    1. Memasang aplikasi Google Chrome pada laptop atau netbook
    a.Mengapa harus menggunakan Google Chrome?
    Dengan menggunakan aplikasi Google Chrome maka google akan mengaktifkan semua fitur-fitur yang direkomendasikan.
    b.Langkah-langkah memasang aplikasi Google Chrome
    1) Buka webbrowser (misal: Mozila Firefox)

    2)  Ketik alamat web http://www.google.com

    3)  Ketik pada kotak penelusuran: cara memasang google chrome kemudian enter

    4)  Klik install Goolge Chrome

    2. Membuat akun email gmail (bagi yang belum mempunyai email akun Gmail)
    a. Langkah-langkah membuat email menggunakan gmail:
    1)  Aktifkan Google Chrome

    2)  Klik Gmail

    3)    Klik Buat Akun

    4) Isikan data diri Anda secara lengkap dan benar kemudian klik “Langkah berikutnya” sampai berhasil.
    5)    Catat nama dan sandi Akun Goolge Anda (Tidak boleh lupa)
    3. Masuk akun Google
    a.  Klik Masuk, kemudian ketik nama Akun Google pada Kotak Nama Pengguna dan Sandi pada kotak Sandi kemudian Enter atau Klik Masuk
    b. Jika yang Anda pakai adalah laptop/netbook pribadi biarkan tanda Chek tetap ada, namun jika memakai computer PC disarankan untuk menghilangkan tanda Chek.

    c. Gambar proses masuk Akun Google

    d. Tampilan akun google mail

    4. Masuk Google Drive
    Klik Drive pada menu bar google.

    5. Membuat folder pada Google Drive
    a. Klik Buat pilih folder

    b. Ketik nama Folder pada kotak Folder Baru (Misal : Nama Mapel) kemudian Enter atau klik Buat. Hasil pembuatan folder akan tampak pada kolom Drive Saya.

    c. Lakukan kegiatan tersebut di atas ketika hendak membuat folder yang lain. Misalnya jika Anda menghendaki mempunyai folder yang khusus untuk menyimpan file yang dibuat dengan Microsoft Word, Microsoft Excel, atau Microsoft Powerpoint, maka dapat membuat folder Word, Excel atau Presentasi.
    6. Membuat Dokumen pada Google Drive
    Dokumen yang dibuat pada fitur google drive akan langsung tersimpan dan ter-share, sehingga pengguna tidak khawatir jika sewaktu-waktu listrik mati, yang diketik akan hilang karena setiap terketik akan tersimpan secara otomatis.
    a.Klik Buat, pilih dokumen.
    b.  Ketik judul dokumen yang hendak diketik, kemudian ketik naskah seperti pada program aplikasi Microsoft Word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar